ISRA’ MI’RAJ DENGAN KEARIFAN LOKAL DI BERBAGAI DAERAH DI INDONESIA

Sumber: suara.com

Bagi umat muslim, Isra’ Mi’raj merupakan salah satu peristiwa penting untuk diperingati. Biasanya umat muslim memperingati Isra’ Mi’raj setiap hari ke-27 pada bulan Rajab.

Isra’ Mi’raj juga merupakan suatu kejadian yang berkaitan dengan Nabi Muhammad SAW, yaitu Rasulullah SAW melakukan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa hanya dalam satu malam dan naik ke Sidratulmuntaha untuk menerima perintah menunaikan sholat lima waktu sehari semalam yang kita lakukan sekarang ini.

Walaupun Isra’ Mi’raj sering dimaknai sebagai suatu peristiwa, namun Isra’ dan Mi’raj adalah dua kata yang memiliki makna sendiri yaitu Isra’ yang bermakna perjalanan Rasulullah dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, sedangkan Mi’raj bermakna perjalanan Rasulullah dari Masjidil Aqsa naik ke Sidratulmuntaha dan bertemu dengan Allah SWT.

Tentunya dalam memaknai peristiwa Isra’ Mi’raj seluruh umat muslim diberbagai negara melakukan peringatan dengan berbagai tradisinya masing-masing. Dikutip melalui laman harianterbit.com menjelaskan beberapa kearifan lokal perayaan Isra’ Mi’raj diberbagai daerah di Indonesia:

1. Rajaban di Cirebon
Tradisi Isra’ Mi’raj berupa rajaban dilakukan dengan melakukan ziarah ke Plangon (makam penyebar ajaran Islam Pangeran Panjuanan dan Pangeran Kejaksan). Keraton Kasepuhan Cirebon juga akan mengadakan pengajian dan membagikan nasi bogana kepada warga.

2. Nanggung di Bangka Belitung
Perayaan ini dilakukan warga dengan membawa makanan dari rumah masing-masing. Biasanya makanan beragam dari lauk pauk, buah-buahan, hingga kue.

3. Rejeban Peksi Buraq Yogyakarta
Perayaan digelar dengan membawa dua buraq (kendaraan Rasulullah saat Isra’ Mi’raj) yang terbuat dari kulit jeruk bali. Dua buraq ditempatkan di atas gunungan buah-buahan. Pada akhir perayaan gunungan buah akan dibagikan kepada masyarakat.

4. Khatam Kitab Arja Temanggung
Tradisi ini digelar warga Wonoboyo, Temanggung, Jawa Tengah. Tradisi dimulai selepas Isya lalu membaca tahlil. Setelahnya warga membaca kitab Arja, yang menceritakan soal Isra’ Mi’raj Rasulullah SAW.

Karya: Teaser
Editor: PoV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: