DIREKTUR EKSEKUTIF PPIM SAMPAIKAN MATERI MENGENAI TOLERANSI BERAGAMA DI KALANGAN MAHASISWA

Raden Intan – Direktur Eksekutif Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) Prof. Drs. Ismatu Ropi., MA, Ph.D selaku narasumber pada Studium General Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) menyampaikan materi mengenai toleransi beragama di kalangan mahasiswa yang berlangsung di Gedung Ballroom Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL). (Selasa, 27/09/2022).

Pelatihan ini diselenggarakan sebagai bentuk upaya meningkatkan kesadaran akan paham radikalisme dikalangan mahasiswa FUSA dalam faktor-faktor yang mempengaruhi toleransi beragama pada mahasiswa.

“Faktor yang berpengaruh pada toleransi beragama mahasiswa yakni Iklim sosial, hal ini berpengaruh terhadap toleransi mahasiswa. Misal, sikap terhadap minoritas, sikap toleransi dosen dan pengalaman bergaul dengan kelompok agama. Semakin tinggi partisipasi dalam kegiatan kerohanian kampus, semakin rendah sikap toleransi beragama mahasiswa serta membaca artikel keagamaan daring, berasosiasi positif dengan intoleransi.” Papar beliau.

Syifa mahasiswa Psikologi Islam selaku peserta Stadium General FUSA merasa antusias mengikuti seminar Stadium General FUSA ini karena dapat menambah wawasan akan ciri ciri radikalisme di kalangan mahasiswa.

“Saya sangat antusias dan merasa beruntung dapat mengikuti seminar ini, karena selain menambah wawasan tentang radikalisme dikalangan mahasiswa, kita jadi tau bahwa salah ciri ciri radikalisme adalah karena kurangnya literasi keagamaan.” Ucapnya.

Rep: Rizka & Hanif

Editor: Up

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: