DISKUSI BUKU SEJARAH BERSAMA HMPS SPI

Raden Intan – Himpunan Mahasiswa Program Studi Sejarah Peradaban Islam (HMPS-SPI) Fakultas Adab (FA) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) adakan Diskusi Buku Sejarah di Aula Fakultas Adab. (Rabu, 31/08/22)

Diskusi Buku Sejarah Pergerakan Nasional karya Wahyu Iryana ini mengangakat tema “Membangun Kultur Akademik Yang Progresif”.

Acara dihadiri oleh Dr. H. Ahmad Bukhari Muslim, L.C., M. A selaku Dekan FA, Dr. H. Nadirsah Hawari. Lc. M. A selaku Wakil Dekan I FA, Dr. Wahyu Iryana, S. Hum., M. Ag selaku Ketua Jurusan SPI, Kuswono, M. Pd selaku Ketua Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Muhammadiyah Metro (UMM), civitas akademik FA, serta 100 peserta.

Tujuan diadakannya acara ini untuk menyambut mahasiswa baru dan kuliah perdana Program Studi SPI UIN RIL, sekaligus kerjasama dengan Pendidikan Sejarah UMM.

Dr. H. Ahmad Bukhari Muslim pada sambutannya menyampaikan sekaligus membuka acara dalam kegiatan ini, sejarah adalah cahaya yang memberikan sinar untuk menerangi hari ini dan hari esok. Diantara kajian utama dalam Al-Qur’an yang diabadikan yaitu, kajian tentang sejarah atau kisah yang diabadikan.

“Sejarah adalah cahaya yang memberikan sinar untuk menerangi hari ini dan hari esok. Jika suatu bangsa tidak tahu sejarah, berarti dia tidak memiliki cahaya atau tidak memiliki sinar. Diantara kajian utama dalam Al-Qur’an yang diabadikan yaitu, kajian tentang sejarah atau kisah yang diabadikan. Oleh karna itu, menjadi pelajaran yang berharga bagi kita.” Ujar Beliau

Salah satu peserta Rendi Budianto, jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Lampung (UNILA) semester 5, menyampaikan harapannya terkait kegiatan ini.

“Dengan adanya kerjasama ini, semoga kita bisa menjalin hubungan kekeluargaan yang baik antara UNILA dengan UIN RIL. Dan dengan adanya bedah buku ini, banyak pelajaran yang kita dapatkan diluar dari pembelajaran di kelas.” Ujarnya.

Rep : Annisa
Editor : Up

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: