ANGKAT TEMA MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DI LAMPUNG, UIN RIL & PEMKAB SUKSES ADAKAN SEMNAS

Raden Intan – Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (PEMKAB) Lampung Timur (LAMTIM), menggelar Seminar Nasional (Semnas) guna memperjuagkan KH. Ahmad Hanafiah sebagai Pahlawan Nasional, yang bertempat di Ballroom UIN RIL. (Rabu, 27/7/22)

Seminar Nasional Perjuangan KH. Ahmad Hanafiah ini mengusung tema “Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia di Lampung”. Yang dihadiri oleh Hj. Chusnunina Chalim, S.H., M.Si., M.Kn., Ph.D selaku Wakil Gubernur Lampung, M. Dawam Rahardjo selaku Bupati Lampung Timur, Prof. Wan Jamaluddin, M.Ag., Ph.D. selaku Rektor UIN RIL, dan Dr. Idrus Ruslan, M.Ag. selaku Wakil Rektor (Warek) III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama UIN RIL, serta 110 orang peserta yang berasal dari Pemerintah Kabupaten (PemKab) Lampung Timur, tenaga pendidik daerah Bandar Lampung dan Metro, serta Mahasiswa Sejarah Peradaban Islam (SPI) UIN RIL dan mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Lampung (UNILA).

Prof. Wan Jamaluddin, M.Ag., Ph.D. selaku Rektor UIN RIL dalam sambutannya menyampaikan bahwa beliau beserta seluruh pihak terkait berharap, semoga melalui kebersamaan (Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Daerah) TP2GD Provinsi Lampung dan seluruh pihak lainnya agar dapat terus memperjuangkan penganugrahan gelar pahlawan nasional dari pemerintah pusat terhadap KH. Ahmad Hanafiah.

Ketua Tim Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional KH. Ahmad Hanafiah, Dr. Idrus Ruslan, M.Ag. Dalam laporannya beliau menyempaikan, tujuan dari diadakannya kegiatan ini yaitu untuk mengusulkan tokoh KH. Ahmad Hanafiah sebagai Pahlawan Nasional.

“Ada rasa keinginan tahuan karena berdasarkan yang kita ketahui di Provinsi Lampung ini baru ada satu Pahlawan Nasional, dengan melacak, memperhatikan, dan saling berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, maka panitia yang sebelumnya sudah dilakukan Memorandum of Understanding (MOU) antara Pemerintah Kabupaten Lampung Timur dengan UIN RIL salah satu agendanya adalah mengusung KH. Ahmad Hanafiah ini sebagai Pahlawan Nasional.” Tutur beliau

Salah satu peserta Semnas dari UNILA Rizki Wahyudi, menyampaikan tanggapan serta harapannya terkait acara ini. Dalam acara ini dapat membuka wawasan baru para pahlawan yang ada di Lampung.

“Dengan tema yang diusung tentu sangat menarik, karena dengan adanya seminar ini bisa membuka wawasan baru bagi masyarakat Lampung khususnya, dan kita bisa tahu bahwa pahlawan yang ada di Lampung bukan cuma Raden Intan tetapi ada juga KH. Ahmad Hanafiah yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia di Lampung. Dan harapan saya untuk seluruh mahasiswa sejarah di Lampung, untuk terus belajar bahwa sejarah itu tidak hanya ada sejarah nasional namun juga sejarah lokal, karena kalau bukan kita yang mengulik sejarah lokal siapa lagi.” Ujarnya.

Rep : Anisa dan Abi

Editor : Sastra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: