KETUA BAWASLU BANDAR LAMPUNG SAMPAIKAN TUGAS PENTING TIGA LEMBAGA DALAM PEMILU

Dialog Mahasiswa Hukum yang diadakan di GSG Fakultas Syariah

Raden Intan – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bandar Lampung mengisi acara Dialog Mahasiswa yang diadakan oleh Mahasiswa Jurusan Hukum Tata Negara (HTN) di Gedung Serba Guna (GSG) Fakultas Syariah (FS). (Sabtu, 28/05/22)

Candrawansah, S.I.Kom., M.I.P selaku Ketua Bawaslu Bandar Lampung, sampaikan tugas penting tiga lembaga dalam Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan 14 Februari 2024 mendatang.

Pertama komisi pemilihan umum (KPU) secara teknis melaksanakan tahapan-tahapan yang telah dibuat sesuai dengan aturan yang sebentar lagi akan disahkan. Yang kedua Bawaslu juga mempunyai tanggung jawab di dalam melaksanakan tahapan untuk mengawasi tahapan yang dilaksanakan oleh KPU agar berjalan sesuai regulasi undang-undang sebagai landasan pemilu.

Serta yang ketiga Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Terdapat perbedaan yang sangat ketara di antara ketiga lembaga tersebut meskipun memiliki tujuan yang sama. secara teknis KPU memaksa, Baswaslu Mengawasi penyelenggaraan pemilu, DKPP menegakkan netralitas, inpegensi dan penyelenggaraan pemilu.

Acara Dialog Mahasiswa hukum ini digelar pada Jum’at (27/05) dengan menusung tema, “Reflaksi Mahasiswa dalam Urgensi Demokrasi Manuju Pemilu dan Pilkada 2024”. Serta dihadiri oleh 120 peserta, adapun tujuan acara ini yaitu mensosialisasikan mahasiswa dalam pemilu dan pilkada 2024, menambah wawasan tentang kepemiluan dan yang ketiga menjalin relasi dan kedekatan antara mahasiswa, serta yang ke empat mencari dan mengembangkan potensi mahasiswa dalam mengikuti pemilu 2024.

Selanjutnya, Kunni Syahda selaku Ketua Pelaksana memberikan tanggapan terhadap kegiatan seminar ini.

“Tanggapan saya luar biasa karena hasil dari output ini pasti ada fitrahnya pasti kita akan menjadi pasilitator tata negara uin raden intan lampung menjadi lembaga dan otomatis jadi media partner antara KPU, Bawaslu dan lembaga-lembaga yang memang terkait dalam pilkada dan pemilu,” Ujarnya

Salah satu peserta seminar Dialog Mahasiswa hukum Iranda Putri dari alumni Universitas Lampung (UNILA) mengatakan bahwa diadakanya seminar ini berjalan sangat baik dan lancar acaranya juga sangat interaktif dan juga komunikatif.

“Menambah wawasan mahasiswa dan hadirin sekalian, mengenai hal besar yang kita hadapi di tahun 2024 nanti dan membangun kesiapan fisik maupun mental kita serta hati agar dapat melaksanakan pemilu dan pilkada secara optimal, untuk sarannya diperpanjang sesi tanya jawab karena masih banyak mahasiswa dan peserta yang belum bisa menyalurkan apresiasinya dan mendapatkan jawaban dari pertanyaannya,” Ungkapnya.

 

Rep: Ayu dan Ayuna

Editor: Up

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: