DEMA FTK UIN RIL ADAKAN EDUKASI KELILING UNTUK LAMPUNG

Raden Intan – Dewan Mahasiswa (Dema) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) melakukan kegiatan Edukasi Keliling Untuk Lampung dengan tema, “Optimalisasi peran mahasiswa FTK dalam mengembangkan pendidikan dan kebudayaan” untuk 60 siswa yang bertempat tinggal di Lampung Tengah. (Senin, 22/11/21)

Kegiatan kali ini dilaksanakan untuk ilmu pengetahuan para generasi penerus bangsa Indonesia serta memberikan sebuah wadah untuk para mahasiswa FTK yang akan menjadi pendidik untuk mendapatkan bekal dan pengalaman. Acara ini berlangsung selama dua hari mulai hari sabtu pagi dan dibuka oleh Kepala Desa setempat.

Sementara itu materi pembelajaran mengena pendidikan dan kebudayaan. Hari Minggu praktek tentang prakarya dan beberapa tampilan tentang tarian budaya dilanjut dengan permainan dan pembagian hadiah.

Nur Azizatul Fajriya selaku ketua Dema FTK menjelaskan, “Edukasi keliling ini juga memiliki tujuan mengenalkan UIN RIL kemasyarakat dan wilayah sekitar bahwa UIN RIL Peduli terhadap Kurangnya minat para siswa untuk melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya dan pengetahuan tentang pendidikan serta kebudayaan khususnya diwilayah perdalaman dari beberapa kabupaten yang ada di lampung. Juga untuk memberikan sebuah wadah pembelajaran para mahasiswa FTK dalam mengimplementasikan atau mempraktekan proses belajar mengajar. Dengan acara edukasi keliling ini diharapkan para mahasiswa dapat menuangkan ide kreatif dan inovatif dalam proses belajar mengajar. Motivasi dan harapan yang di berikan kepada siswa agar mereka meningkatkan rasa semangat untuk belajar dan melanjutkan jenjang pendidikan ke tahap selanjutnya” ujarnya.

Selain itu, menurut Erlangga selaku salah satu mahasiswa FTK yang berpartisipasi kegiatan edukasi keliling ini sangar luar biasa serta mendapatkan respon baik dari masyarat desa. “Acara edukling yang diselenggarakan oleh Dema FTK sangat luar biasa, karena ini merupakan momentum yang tepat untuk kita berbagi pengalaman terhadap anak-anak disana. Kemudian edukasi keliling dapat menjadikan solusi terhadap generasi kedepannya untuk bisa melanjutkan kejenjang selanjutnya. Kegiatan ini mendapat antusias dan respon yang baik dari desa serta masyarakat setempat dan sekolah yang dituju” tukasnya.

 

Rep : nanda

Editor : Med

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: