28 OKTOBER ADALAH TONGGAK UTAMA SEJARAH PERGERAKAN KEMERDEKAAN INDONESIA

Sumpah pemuda memang jadi momen bersejarah yang punya peranan penting dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia saat itu. Tak heran jika banyak yang antusias memperingati hari Sumpah Pemuda di setiap tanggal 28 Oktober. Dibalik peringatan Sumpah Pemuda ada banyak makna yang terkandung di dalamnya. Sebagai generasi muda penerus masa depan bangsa, tentunya kita wajib mengetahui tentang makna Sumpah Pemuda. Berikut Penjelasannya :

1. Teks Sumpah Pemuda yang mengalami perubahan dalam penulisan. Tujuannya agar mudah untuk diucapkan.

2. Arti dari Sumpah Pemuda yang harus kita ketahui.
Sumpah Pemuda yang bertepatan pada tanggal 28 Oktober 1928 merupakan tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini disebut sebagai kristalisasi semangat dalam menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

3. Makna Sumpah Pemuda alinea pertama.
Pada alinea pertama terkandung kalimat “Bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia”. Makna Sumpah Pemuda pada alinea pertama ini menggambarkan bahwa para pemuda dan pemudi Indonesia bersungguh-sungguh untuk memperjuangkan kemerdekaan hingga titik darah penghabisan.

4. Makna Sumpah Pemuda alinea kedua.
Di alinea atau butir kedua terdapat kalimat “Berbangsa yang satu, bangsa Indonesia”. Nah makna Sumpah Pemuda alinea kedua ini menggambarkan walaupun kita berasal dari suku yang berbeda-beda, namun pemuda pemudi hanya mengakui satu bangsa yaitu Indonesia.

5. Makna Sumpah Pemuda alinea ketiga.
Dalam alinea atau butir ketiga terkandung kalimat “Menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”. Kalimat ini menegaskan bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan yang menjadi identitas bangsa dan harus dijunjung tinggi.

Setelah mengerti maknanya, alangkah baiknya kita mengetahui tujuan mempelajari Sejarah Sumpah Pemuda. Tujuan kita mempelajari sejarah munculnya sumpah pemuda :

1. Dapat merasakan perjuangan yang dirasakan oleh pejuang-pejuang bangsa pada zaman dahulu
2. Dapat mempelajari makna-makna yang tersirat didalamnya.
3. Dapat menjadi pacuan kita ke depan, bagaimana cara bersikap yang baik kepada siapa saja.
4. Agar kita tidak menyia-nyiakan dan dapat mencontoh semangat para pemuda dahulu.
Sebagai pemuda yang baik alangkah baiknya kita menjaga negeri ini dengan cara yang paling sederhana saja, seperti membung sampah pada tempatnya, menjaga lingkungan agar tetap asri, saling menghormati antar teman, agama, ras, suku dan budaya. Dan lebih mencintai bahasa sendiri yaitu bahasa persatuan Indonesia.

Nah!! Semoga teman-teman bisa paham ya dalam memaknai tujuan dari Hari Sumpah Pemuda. Sebagai generasi penerus bangsa kita patut menghargai perjuangan pahlawan bangsa.

 

Write : Dattin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: