PERALIHAN SIAKAD KE SIARIL MENUAI KRITIK

Beralihnya sistem akademik yang semula dari Siakad ke Siaril menuai kritik dari mahasiswa. Peralihan sistem akademik ini membuat mahasiswa tak kunjung bisa menyusun Kartu Rencana Studi (KRS), yang imbasnya mahasiswa tak bisa melaksanakan perkuliahan.

Padahal, bila merujuk pada Surat Edaran Rektor No: B.1987/UN.16/R/KP011/09/2021 semestinya perkuliahan dimulai sejak awal bulan September tahun 2021. Tapi, hingga tanggal 21 September 2021 perkuliahan belum juga dimulai.

Mahasiswa Baru adalah pihak yang paling dirugikan mengenai masalah ini. Mereka semestinya sudah mulai mengikuti pembelajaran perkulihan di kampus, setelah melaksanakan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) pada tanggal 02 September 2021. Tetapi Siaril masih belum bisa diakses.

Peralihan sistem ini mestinya didasari pada semangat perbaikan dan kemudahan mengakses sistem akademik. Sehingga proses peralihan dipersiapkan dengan matang dan penuh perhitungan. Bukan sebaliknya, mempersulit dan terkesan asal-asalan.

Sistem Siaril malah membuat mahasiswa bingung, sebab menampilkan pesan eror dilayar gawai ketika diakses. Mahasiswa yang terbiasa menggunakan sistem Siakada pun ikut kebingungan, karena tak ada pemberitahuan dan sosialisasi dari pihak kampus mengenai peralihan sistem akademik ini.

Permasalahan proses migrasi data mahasiswa dari Siakad ke Siaril belum juga rampung, birokrasi kampus justru kembali mengumumkan perpanjangan masa pembayaran UKT mahasiswa yang tertuang dalam Pengumuman No: B-1994/UN.16/WR.II/PP.00.9/9/2021 bahwa masa pembayaran UKT diperpanjang hingga tanggal 30 September 2021.

Tidak tahu apa alasan memperpanjang masa pembayaran UKT, tetapi jika ini diakibatkan oleh masalah yang ditimbulkan dari peralihan sistem akademik maka sebaiknya masalah peralihan tersebut dapat diselesaikan dengan baik terlebih dahulu agar perkuliahan dapat berjalan dengan lancar.

 

 

Write : Don

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: