KAJIAN SPESIAL HMP HKI: MERAIH KEBERKAHAN DI BULAN DZULHIJJAH

Raden Intan – Himpunan Mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Islam (HMP HKI) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) mengadakan kajian spesial bulan dzulhijjah yang bertemakan “Meraih Keberkahan di Bulan Dzulhijjah” via Google Meet (Senin, 19/07/2021).

Kajian spesial ini laksanakan tanggal 18 juli 2021 pukul 19.45 WIB sampai dengan selesai dan diikuti oleh kurang lebih 64 peserta secara online.
Kajian ini memiliki 3 tujuan, yaitu ;
1. Ikhlas karena Allah dalam menuntut ilmu (sesuai perintah Allah SWT  dan Nabi Muhammad SAW kewajiban menuntut ilmu)
2. Mengupgrade kapasitas dan kapabilitas mahasiswa ataupun masyarakat
3. Bisa memperbaiki diri kita secara ruh, agar iman selalu meningkat dan lebih dekat kepada Allah SWT.

Kemudian, Arifudin Makshum, S.Sos.I selaku pemateri dalam kajian ini menjelaskan mengenai sejarah atau peristiwa Nabi Ibrahim AS, yang memiliki keturunan yaitu Nabi Ismail AS. Kemudian, beliau juga memaparkan tentang keutamaan 10 hari pada bulan Dzulhijjah yang mampu berkurban diwajibkan atasnya untuk berkurban, bagi yang berkurban atas namanya dianjurkan tidak memotong kuku ataupun rambutnya. Selain itu, beliau juga menganjurkan untuk berpuasa pada bulan dzulhijjah ini.
“Jadi pelajaran dari peristiwa ini harus bersabar dalam pengorbanan yang besar, setiap ada kesulitan hidup pasti ada kemudahan.” Tambah beliau di akhir kajian.

Dewi Sinta Wati mahasiswi jurusan Hukum Keluarga Islam semester 2 selaku peserta memberikan kesannya setelah kegiatan ini.
“Setelah saya mengikuti webinar ini, alhamdulillah sangat baik menambah ilmu wawasan saya sendiri, alhamdulillah tidak ada kendala atau halangan sampai saat ini dan saya mencermati apa yang disampaikan oleh pemateri.” Pungkasnya

Rep : SD & NS
Edit : OD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: