ISLAMIC AND ENVIROMENTAL MATHEMATICS LEARNING FROM MATHEMATICS EDUCATION UIN RIL

Raden Intan – Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Raden Intan Lampung (UIN RIL) menggelar Seminar Nasional (SEMNAS) dengan mengusung tema Islamic and Enviromental Mathematics Learning online Via Zoom Meeting ( 24/06/2021)

Partisipan yang resmi terdaftar sebanyak 295 orang. Namun, lebih dari 400 Peserta yang ikut berpartisipasi dalam seminar melalui Zoom Meeting. Terdiri dari Mahasiswa, Dosen, dan Praktisi dari berbagai Instansi. Tujuan seminar ini secara spesifik yaitu menginginkan gambaran bagaimana matematika berkontribusi terhadap lingkungan.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Hj. Nirva Diana, M. Pd, selaku Dekan FTK sekaligus pembuka acara resmi, berharap bahwa pada seminar ini hasil bisa dirumuskan dan bisa dirancang dengan baik dan bisa menjadi nilai tambah lagi.

Dr. Paian Sianturi selaku Dosen Institute Pertanian Bogor (IPB) juga selaku pemateri, menyampaikan bahwa ia sangat antusias dengan adanya program studi berbasis lingkungan dengan adanya mata kuliah matematika lingkungan. Dalam pengantarnya beliau juga menyebutkan bahwa tidak berarti matematika hanya digunakan secara formal tapi juga dalam lingkungan.
“Ilmu pengetahuan harus ada kerja sama, kita tidak berfokus pada satu pengetahuan saja” ujar Beliau.
Ia juga menjelaskan bahwa model matematika selalu memiliki tujuan (purpose) dan pemodelan memerlukan pengetahuan saintifik, untuk itu pengetahuan saintifik memerlukan observasi.

Selain itu, Evi Maulidayana sebagai salah satu peserta seminar mengatakan bahwa ia sendiri merasa bangga dan senang bisa mengikuti seminar ini.
“Yang pastinya senang bisa mendapat ilmu baru dari pemateri luar biasa, dan semoga ilmu yang diberikan oleh pemateri bisa diterima dan dipahami dengan baik oleh semua peserta seminar” ujar Evi.

Rep : D
Edit : Ode

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: