Prodi Hukum Keluarga Islam adakan SANLAT

Room Zoom

Raden Intan – HMP {Himpunan Mahasiswa Prodi) HKI mengadakan pesantren kilat (SANLAT) selama lima hari kedepan dimulai dari tanggal 01 – 05 Mei 2021 (Minggu, 01/5)

Pesantren kilat dilaksanakan secara Virtual Zoom Meeting. Diikuti oleh Mahasiswa kurang lebih 90 peserta dari berbagai fakultas di UIN RIL.

Niza Nurazizah selaku Ketua HMPS HKI dalam sambutannya mengatakan bahwa “mahasiswa tidak patah semangat untuk tetap berproses menggali ilmu sebanyak-banyaknya terlebih pada bulan Ramadhan kali ini. Dan harapan saya dengan adanya pesantren virtual dibulan Ramadhan ini kita semua dapat menjalani atau mengisi Ramadhan dengan aktifitas dan kegiatan yang positif. Kemudian dapat mengambil ilmu sebanyak-banyaknya dari apa yang disampaikan oleh pemateri dan dapat mengambil segala sesuatu yang bermanfaat tanpa ada kesia-siaan,”ujar niza.

Dr. Abdul Qodir Zaelani, S.H.I., M.A. Selaku Sekretaris HKI dan juga pemateri menyampaikan mengenai Ramadhan dan Peningkatan Jiwa Filantropis. pertama kita meyakini bahwa islam adalah agama yang membawa kasih sayang agama yang memberikan teladan kepada umat manusia dimana indikasinya, indikasi kasih saayang terhadap sesama itu salah satunya adalah sikap “Humanis” dimana indikasi bahwa islam adalah agama yang mengusung humanisme mengusung sisi sisi kemanusiaan. Islam tidak mengutamakan suku seseorang yang diutamakan oleh islam adalah ketakwaannya. Dan juga islam adalah agama yang “Filantropis”, filantropis berasal dari kata yunani yaitu philos dan antropos apa itu philos, philos dimaknai dengan “cinta” antropos dimaknai dengan “kemanusiaan” adalah cinta kepada manusia. Apa maksudnya, maksudnya adalah cinta kepada kemanusiaan, perduli kepada manusia dan cinta kepada sisi kemanusiaan. Maka disebut dermawan. Islam mengajarkan umatnya untuk cinta epada manusia, peduli kepada manusia dan memberikan kasih kepada manusia.

Selain itu Restina sebagai salah satu peserta yang mengikuti sanlat ini berharap, “semoga apa yang diberikan oleh pemateri selama 5 hari dapat bermanfaat bagi saya dan semoga apa yang saya dapatkan di sanlat ini bisa saya bagikan ke teman-teman saya yang ada di STAI (Sekolah Tinggi Agama Islam) Al-Ma’arif Way Kanan khususnya di prodi Hukum Keluarga Islam. Dan semoga hari selanjutnya tidak ada gangguan apapun termasuk sinyal”, Ujar tina saat dihubungi melalui Via Whatsapp (01/05/2021).

 

Rep : Nada
Editor : Med

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: