WEBINAR PSIKOLOGI ISLAM : MENCARI PELUANG DENGAN MODAL ETIKA DAN RETORIKA

Raden Intan – Prodi Psikologi Islam UIN Raden Intan Lampung mengadakan Webinar dengan Tema “Membuka Peluang dengan Etika dan Retorika” yang dilaksanakan via zoom meeting, (Rabu, 24/02/21).

Webinar yang dilaksanakan oleh prodi Psikologi Islam UIN RIL dilaksanakan secara online dan dihadiri oleh peserta yang berasal dari seluruh Indonesia. Narasumber yang hadir dalam webinar ini yaitu I Made Andi Arsana, Ph.D sebagai dosen terfavorit Universitas Gajah Mada (2016) dan Elsy Junilia, S. Psi sebagai Praktisi Parenting.

Acara ini iuga dihadiri oleh Civitas Akademik UIN Raden Intan Lampung. Dekan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Dr. H. M. Afif Anshori, M. Ag. Dalam sambutannya ia menyampaikan apresiasinya terhadap acara ini dan memberikan sedikit kalimat mengenai Tema tersebut, “Saya berikan Apresiasi Webinar ini, pesertanya mencapai 500 lebih dan luar biasa sekali. Webinar ini penting, karena kita terutama mahasiswa ditantang mencari peluang baru di era Point Zero. Dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam mencari peluang yaitu diantaranya harus bisa mencari yang disukai diri sendiri, hal yang kita kuasai, membaca trend yang disukai masyarakat, dan harus ada nilai positif. Modal utama yang harus dimiliki dalam memperoleh peluang adalah etika dan retorika” ujar beliau.

I Made Andi Arsana selaku narasumber pada webinar mengatakan ada 3 hal yang membuat Retorika penting antara lain Emotional, Novel, dan Memorable. Ia juga mengatakan pentingnya komunikasi, “Komunikasi menjadi hal yang penting dalam segala situasi. Komunikasi perlu dimana saja dan kapan saja” ujar beliau.

Disisi lain, Elsy Junilia sebagai narasumber lainnya menyampaikan tentang bagaimana berdamai dengan otonomi moral ketika berstatus mahasiswa, ia juga menyampaikan pentingnya menuntut ilmu bagi kita karena dengan menuntut ilmu bisa mengubah perilaku menjadi lebih baik lagi, “Etika sangat membantu dalam membentuk Karakter. Etika adalah Life Skill dan dengan Etika akan membantu kita mencapai kebahagiaan” ujar beliau.

Ludfi Shofiatul Alia selaku salah satu peserta webinar memberikan tanggapan, “Webinar tadi sangat menarik dan menambah wawasan bagi saya tentang pentingnya memberikan kesan pertama ketika akan memulai sebuah diskusi di depan publik. Saya merasa ini sangat bermanfaat” ujarnya.

 

Rep : Alu
Editor : Med

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: