APML ADAKAN DISKUSI DARING MENGENAI PELECEHAN SEKSUAL

Diskusi Via Zoom

Raden intan- Aliansi Pers Mahasiswa Lampung (APML) mengadakan diskusi daring (dalam jaringan) tentang kasus pelecehan seksual yang dialami oleh salah satu Anggota LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) yang pelakunya dari sekretaris jendral Persatuan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) acara dimulai sejak jam 14.00 WIB (31/12/2020).

Adapun pembicara Diskusi Daring yaitu Hendry Silaloho selaku ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandar Lampung, Chandra Muliawan selaku Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) bandar Lampung, Wahyu Agung Prasetyo selaku Badan Pekerja Advokasi Nasional PPMI Nasional, dan lely syamsul selaku psikolog women’s march Lampung.

Annisa Diah pertiwi selaku kordinator APML sekaligus moderator dalam diskusi mengatakan bahwa Ketika penyintas melakukan konseling di women’s crisis center (WCC) jombang, ia ingin mengajukan beberapa tuntutan yaitu membekukan Sekretaris Jendral Dewan Kota ( Sekjen DK) Malang sampai kongres selesai kemudian memberhentikan Sekjen PPMI DK kediri dari jabatanya. Namun PPMI hanya memberikan sanksi kepada pelaku berupa permohonan maaf tertulis dan meminta mereka untuk mengundurkan diri dari jabatan PPMI.

“Jujur ya itu kesalahan dalam proses advokasi dan sudah menyatakan minta maaf juga. Sebenarnya yang terjadi disitu adalah ketika pengambilan keputusan tanpa kordinasi yang baik. Waktu itu Sekjen PPMI sebelum saya jadi pengurus melakukan keputusan dimana itu kurang komunikasi kepada pengurus-pengurus yang lain.” Ujar Wahyu Agung Prasetyo selaku Badan pekerja Advokasi Nasional PPMI Nasional

Adapun tanggapan dari koordinator APML yaitu “jadi menurut saya diskusi tadi berjalan cukup baik ya, walaupun sempat terjadi gangguan teknis di awal dari pihak penyelenggara dan juga dari salah satu pemantik. tapi untuk substansi yang akan kita bahas sudah masuk ya, dari pihak pemateri juga memberikan pemaparan cukup gamblang dari beberapa perspektif seperti dari pihak PPMI, psikologi, pers, dan juga hukum dalam melihat kasus ini. kemudian dari diskusi tersebut, kita bisa sama-sama menilai duduk permasalahan yang bisa langsung dijelaskan oleh pemantik yang ahli di bidangnya.” Ujar annisa selaku Koordinator APML.

 

Reporter : Septiya
Editor      : Med

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: