5 Tips dan 3 Cara Aman Rayakan Tahun Baru di Masa Pandemi, dijamin tidak boring !!

Hai sobat RI, pandemi yang terjadi di tahun 2020 ini membuat kita menghentikan dan menunda banyak sekali kegiatan. Seperti pada hari-hari dimana kita seharusnya bisa berkumpul bersama dengan keluarga, teman, sahabat,dan juga pasangan.

Merayakan tahun baru biasanya identik dengan kegiatan BBQ, bakar jagung dan kegiatan lainnya bersama-sama. Namun, hal ini tidak bisa dilakukan saat pandemi ini. Karena Kita masih harus menaati dan mengikuti protokol kesehatan demi keselamatan orang lain, sebab pandemi masih berlangsung di Indonesia. Tapi sobat tidak perlu risau, kita masih bisa merayakan tahun baru, walaupun dengan cara yang berbeda.

Berikut adalah 5 Tips dan cara yang bisa sobat lakukan untuk merayakan tahun baru, di tengah pandemi covid-19.

1. Menonton film favorit bersama keluarga!

Hal ini tentunya bisa dilakukan di rumah tanpa harus keluar dan berkontak fisik dengan orang lain. Kegiatan ini tentunya akan sangat seru, terlebih lagi jika sekeluarga memiliki film favorit yang sama, ditemani dengan makanan dan minuman ringan seperti snack, gorengan, sirup, soda!. Beruntungnya dengan teknologi internet yang sudah semakin maju, kita bisa menonton film-film melalui banyak aplikasi film…. Seperti :
• Netflix
• VIU
• Iflix
• Disney+ Hotstar
vidio.com

dan untuk kamu yang ingin ber hemat dapat men download film di Internet atau membeli CD dan menyambung kan nya ke TV. Setelah itu gelarlah tikar, letakkan bantal-bantal, makanan ringan, dan siap menonton bersama keluarga! Uhh… Nikmat sekali malam tahun barumu sobat.

2. Membuat BBQ dan bakar Jagung di dapur dengan alat seadanya!

BBQ dan bakar jagung memang identik dengan kegiatan outdoor, tapi di tengah pandemi ini, akan lebih baik jika kita tetap di dalam rumah. Cobalah BBQan
dan bakar jagung di dapur kita sendiri atau di halaman belakang rumah bareng keluarga. Bisa mencoba beberapa hal baru seperti, membuat kue kering bersama, memasak makan malam bersama, ataupun membuat BBQ rumahan dengan wajan dan kompor.

3. Bermain Games bersama keluarga, tradisional ataupun digital

Games/permainan disini berbentuk digital ataupun tradisional sesuai dengan yang kalian suka, contoh permainan tradisional yang bisa dilakukan dengan banyak orang adalah permainan Monopoli, Kartu, dan bahkan permainan Jujur atau Nekat! Kamu juga bisa bermain playstation (PS) bersama keluarga.

4. Berbagi cerita dengan keluarga

Momen merayakan tahun baru bisa menjadi sebuah peluang untuk kita saling berbagi cerita dan mengungkapkan perasaan bersama keluarga. Bisa dimulai dengan menggunakan permainan Truth or Dare. topiknya lebih mengenai apa yang kamu pelajari dan hal apa saja yang terjadi di tahun 2020 ini; apa yang kamu syukuri, apa yang ingin kamu sampaikan sebelum tahun 2020 berakhir, ataupun apa tujuan dan harapanmu di tahun 2021 mendatang. Gunakanlah momen ini untuk mengetahui lebih banyak tentang keluargamu, dan untuk mempererat keharmonisan dan silahturahmi satu sama lain.

5. Melakukan kegemaran atau hobi yang sama

Ada banyak keluarga yang memiliki kegemaran/hobi yang sama, seperti mengoleksi dan merakit barang, olahraga, maupun seni. Inilah saatnya untuk kamu melakukan hobi yang sama dengan keluarga. Buatlah hobi baru Menanam pohon, memasak bersama, bermain gitar,  bernyanyi bersama atau bahkan, bersama-sama membuat tenda di halaman belakang rumah dan di dalam rumah di ruangan yang kosong. Terutama jika ingin memiliki suasana baru di rumah, kamu bisa bersama keluarga  “merombak” suasana rumah , dengan cara merubah letak ruangan dan perabot, mengecat tembok dengan warna baru dan lainnya. Carilah kegiatan dan hobi baru yang bisa kamu lakukan bersama keluargamu, dengan berada di dalam rumah agar tetap aman dari covid-19.

berikut beberapa cara aman saat sobat merayakan tahun baru 2021 di masa pandemi covid-19 ini:

1. Pakailah Masker
• Gunakan Masker dua lapis atau lebih untuk mencegah penularan Covid-19.
• Masker yang digunakan harus menutup bagian hidung dan mulut sampai ke bawah dagu.
• Pastikan masker pas dengan sisi wajah Anda, tidak sempit dan juga tidak longgar.

2. Jaga Jarak Setidaknya 1,5 meter dari orang yang tidak tinggal dengan sobat
• Ingat bahwa ada beberapa orang bisa menularkan virus Covid-19 tanpa gejala jadi waspadalah.

3. Cuci Tangan
• Seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik.
• Sediakan selalu hand sanitizer
• Hand sanitizer yang digunakan setidaknya mengandung 60 persen alkohol.

Saat Menghadiri Pertemuan selain tiga tahap diatas, buatlah perayaan akhir tahun sobat aman dengan beberapa hal lain. Perhatikan beberapa langkah ini saat sobat akan berkunjung ke rumah sanak saudara;
• Bawa makanan, minum, piring, gelas, dan peralatan makan sendiri.
• Gunakan masker, dan simpan masker ditempat yang aman dan bersih saat makan dan minum.
• Hindari keluar masuk area dimana makanan disiapkan, misalnya dapur.

Artikel oleh : Syafani Arbian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: