PROBLEMATIKA MAHASISWA UIN RIL DALAM PENGGUNAAN E-LEARNING

Raden Intan – Dalam Proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) UIN Raden Intan Lampung sediakan aplikasi e-learning untuk menunjang pendidikan seluruh Mahasiswa. Namun dari fasilitas yang disediakan oleh pihak kampus tersebut ternyata menimbulkan problematika Mahasiswa dari segi penggunaan. Jum’at (18/10/20).

Permasalahan yang dialami Mahasiswa mulai dari server error, susah di akses, keliru di mata kuliah, sistem yang lemot, dan fitur WebCam yang tidak memadai.

“Ribet. Sistem pembelajarannya menjadi banyak kendala. Dan menurut saya absen mahasiswa tidak perlu menggunakan e-learning, bisa saja menggunakan google form. Dengan Google form absensi mahasiswa juga bisa masuk ke data kampus.” ujar AM salah satu Mahasiswa Fakultas Syariah.

“Saran saya, lebih baik menggunakan Zoom saja untuk beberapa kali dalam satu semester ini, kemudian ditambah dengan menggunakan WhatsApp untuk berdiskusi agar mahasiswa lebih kritis” tambah AM.

Aulia Febi, Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) juga mengatakan, “Saat log in terkadang sistem invalid, terus ada dosen yang tidak mau mengerti kondisi Mahasiswa, padahal memang benar-benar invalid.” keluh Aulia.

Berbeda dengan AM dan Aulia, Putri Ramadhanty, Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) mengatakan, “E -Learning sebenarnya cocok jika digunakan untuk pengumpulan tugas. Upload tugas tidak ribet, dan dalam proses transfer ilmu saya menerima sepenuhnya materi yang diberikan dosen, bisa tidak bisa ya harus diterima, hanya kendala di webcamnya yang masih ketinggalan zaman, sering nge-Lag dan tidak memadai” pungkas Putri.

“Saya berharap semoga e-learning langsung ada aplikasinya jadi tidak masuk lewat link lagi, webcamnya juga setara dengan zoom,” harap Putri.

 

Laporan : RDK
Editor  : Ame

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: