PSIKOLOGI JURUSAN PERDUKUNAN. BENAR GAK SIH?

Teman-teman pasti ga asing dengan jurusan psikologi yang kerap kali mahasiswa nya dianggap sebagai spesialis karakter dan kepribadian seseorang.

Tidak jarang mahasiswa psikologi mendapatkan atau mendengar pertanyaan ” berati bisa baca pikiran ya? Coba dong ” atau “bisa baca garis tangan nih” dan ” ngeri ah, kamu bisa baca pikiran” nyatanya tidak seperti itu teman.

Point utama mahasiswa psikologi itu belajar ilmu logis bukan ilmu mistis. Mereka sama seperti kita manusia biasa yang tidak mengetahui isi pikiran satu sama lain. Dan lagi mereka bukan paranormal yang bisa membaca garis tangan.

Semua hal dilakukan berdasarkan teori dan jenis jenis tes yang digunakan untuk mendapatkan hasil, jadi mahasiswa psikologi tidak bisa asal melakukan diagnosis tanpa rangkaian tes tidak bisa asal judgement semua ada step by step. Dan lagi tingkat akurasi hasil suatu tes hanya 75% yang bersifat dinamis.

Untuk mengetahui alat tes apa saja yang biasa digunakan dalam psikologi yaitu pertama tes PAPI kostick tes ini biasa digunakan Oleh para HRD untuk evaluasi para karyawan, dan bisa juga digunakan Oleh para konselor. Kemudian ada tes DISC yang digunakan untuk mengukur bagaimana perilaku individu, bagaimana individu berkomunikasi dengan individu lain, bagaimana sikap individu menghadapi stress dan pressure, bagaimana individu dalam kerja Tim, dan kelebihan dan kekurangan individu. Selanjutnya ada tes EPPS, IST, Grafis, Kraeplin, dll.

Jika melakukan diagnosis kilat dikhawatirkan hasil nya tidak sesuai dengan subjek. Nah.. Jadi jangan lagi tanya hal nyeleneh kepada mahasiswa psikologi Lagi yaaa…

 

Opini by Suci Utami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: