PRO-KONTRA BIAYA ADMINISTRASI PKL ONLINE DITENGAH PANDEMI, APA KATA MAHASISWA?

RadenIntan – Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) Universitas Raden Intan Lampung, mengeluarkan surat edaran terkait praktik kerja lapangan ( PKL ) yang dilakukan secara daring/online yang dikeluarkan pada 12 mei 2020.

lalu apa yang menjadi keluhan mahasiswa sehingga terjadi pro-kontra antara mahasiswa dan pihak jurusan ?
Salah satu Program studi ( prodi) FUSA, Prodi Studi Agama – Agama melaksanakan PKL Online tersebut . Dalam surat edaran dijelaskan ketentuan -ketentuan pelaksanaan PKL dilakukan dirumah masing-masing tertanggal 12 mei sampai 15 juni 2020, lalu pihak prodi mengeluarkan kebijakan administrasi praktek kerja lapangan sebesar kurang lebih RP. 250.000,- dengan perincian biaya tersebut akan digunakan untuk honor berupa kuota pembimbing selama satu bulan, sertifikat peserta pkl, konsumsi dan honor penguji laporan pkl  ( Jelas kepala jurusan prodi studi agama-agama dalam chat dengan mahasiswanya )

Dalam masa pandemic seperti ini, tidak banyak mahasiswa yang setuju dan ada pula yang tidak setuju dengan kebijakan PKL Online harus diberatkan dengan biaya Administrasi.

MGS salah satu Mahasiswa yang pro terhadap kebijakan tersebut mengatakan bahwa ia setuju, jika itu baik. “Setuju aja, selagi itu baik, di kelas saya banyak yang kontra, yang ikut tadinya cuma saya doang dan kalau dilakukan secara langsung pun biayanya lebih mahal,” Ujarnya.

Dan menurut SS mahasiswa yang menurutnya biaya tersebut berat, apalagi dimasa pandemic seperti ini, dia mengatakan “Antara pro sama kontra si ada di tengah-tengah tergantung kondisi yang ada, nominal yang mereka sebut kalau dalam kondisi yang biasa mah ya biasa saja tidak terlalu berat, tetapi kalau pandemi kayak gini banyak juga kebutuhan yang pokok yang harus dipenuhi dan mata pencarian itu sedikit sulit ga seperti biasanya jadi itu lah yang buat berat untuk biaya itu, kalau sekarang saya kontra,” Ujar SS.

“PKL juga kan sudah masuk kedalam sistem kredit semester ( sks ) dan setau saya jika sudah masuk kedalam sks sudah sepenuhnya tanggung jawab pihak kampus, lagian kami juga hanya PKL Online, mengapa mesti ada biaya Administrasi untuk itu,” tutur D salah satu mahasiswa SAA.

Terdapat kurang lebih 8 orang yang akhirnya mengikuti PKL Online pada semester ini, dan yang tidak terdaftar jurusan memberitahukan bahwa akan PKL pada tahun depan, tepatnya pada semester 8.

“harapannya si semoga kajur (kepala jurusan) bisa lihat situasi dan kondisi pikirin mahasiswa juga jangan pikirin diri sendiri itu aja si,” Keluh SS.

(Sabtu, 30 Mei 2020)

 

Reporter : EPEN
Editor : Angle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita

DUGAAN PUNGLI DOSEN FEBI, WADEK II: SAYA TAK MENYANGKA ADA HAL SEPERTI INI

Raden Intan – Wakil Dekan (Wadek) II Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan tak menyangka terdapat dugaan pungutan liar (pungli) yang dilakukan oleh salah satu dosen FEBI. (Rabu, 30/11/22) Dr. Hanif, S.E, M.M., selaku Wadek II mengaku tak menyangka sebab Dekan FEBI sudah melakukan kampanye bebas pungli. “Saya tidak […]

Read More
Berita

GANDENG UTD PMI LAMPUNG, AMPIBI KIP-K UIN RIL GELAR DONOR DARAH

Raden Intan — Asosiasi Mahasiswa Penerima Bidikmisi dan Kartu Indonesia Pintar- Kuliah (AMPIBI KIP-K) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) menggandeng Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Lampung gelar donor darah. (Selasa, 29/11/22). Kegiatan ini berlangsung di halaman belakang Gedung Information and Communications Technology (ICT) UIN RIL dengan diikuti 52 pendonor […]

Read More
Berita

PENSA UKM PIK R SAHABAT GUNA MENGEMBANGKAN BAKAT ANGGOTA MUDA

Raden Intan – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) Sahabat menggelar Pentas Seni Sahabat (Pensa) guna mengembangkan bakat di bidang life skill anggota muda di Gedung Serba Guna (GSG) Fakultas Syariah (FS). (Senin, 28/11/22) Hal tersebut dipaparkan oleh Rizki Aminullah selaku Wakil Ketua Umum UKM PIK R Sahabat dalam sambutannya. […]

Read More
%d blogger menyukai ini: