RFK UIN RIL Persembahkan Festival Film Islami Lampung 2019

Raden Intan – Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKM-F)  Rumah Film KPI (RFK) UIN Raden Intan Lampung menggelar kegiatan Festival Film Islami Lampung 2019. Dengan tema “Dakwahtainment : Mengomunikasikan Nilai-Nilai Islam Melalui Pesona Film” yang di laksanakan pada 13 Juli 2019 di Gedung Dewan Kesenian Lampung.
Adapun penghargaan yang diberikan terdapat 6 nominasi yaitu, Sutradara Terbaik, Penulis Sekenario Terbaik, Film Pelajar Terbaik, Film Favorit Nasional, Film Terbaik Lampung, dan Film Terbaik Nasional.
Acara yang dibuka langsung oleh Wakil dekan III Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Raden Intan Lampung Dr. Abdul Syukur, M. Ag ini juga dihadiri oleh Ketua Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Yunidar Cut Mutia, S.Sos, M.Sos.I., Founder, demisioner, instruktur dan para alumni Rumah Film KPI.
Peserta berasal dari berbagai daerah di penjuru negeri tanah air. Dan tercatat peserta terjauh dalam Festival Film Islami Lampung 2019 berasal dari Nusa Tenggara Barat dan Kalimantan.
Menurut Mas Kutub salah satu peserta yang hadir dalam acara tersebut, mengungkapkan bahwa ” peserta tidak hanya mendapatkan kenyamanan didalam ruangan, tetapi juga dapat menyaksikan keseruan hiburan-hiburan yang diberikan oleh panitia pelaksana seperti puisi, paduan suara, beatbox, performance Acoustic Band dari Jasmine Band.” Ujar Mas Kutub
Menurut Ihsan Fathoni selaku ketua umum UKMF RFK, acara ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai islam yang tidak hanya dapat disampaikan melalui mimbar saja namun juga ditanamkan dalam wujud sebuah film sebagai salah satu media dakwah di era digital ini. “acara ini juga sebagai bentuk apresiasi kepada  para sineas agar semangat memproduksi film-film yang mengangkat nilai-nilai islam.” Ujarnya
“Alhamdulillah, untuk Festival Film Islami Lampung ini hampir semuanya berkembang dari tahun lalu. Mulai dari jumlah peserta yang ikut berpartisipasi, penyeleksian yang semakin ketat serta detail, koordinasi penyelenggaraan lebih terstruktur, hingga teknis dan estetika acara yang juga semakin baik. Namun catatan sedikit ada pada jaringan atau network acara ini yang belum luas jangkauannya. Sehingga masih ada penggiat perfilman khususnya film islami yang minim mendapatkan informasi.” Ungkap ihsan
Faurian Al-Qudsi selaku Ketua Pelaksana Festival Film Islami Lampung 2019 berharap untuk di tahun depan pastinya mereka akan mempertahankan hal yang menjadi perkembangan tahun ini. “Dan kami akan mengevaluasi hal-hal yang kurang di tahun ini sehingga peserta dapat terus berkarya dan kembali berkompetisi dalam Festival Film Islami Lampung 2020.”
Ia juga berkata bahwa “Festival Film Islami Lampung tahun ini disambut sangat antusias mulai dari panitia penyelenggara pelaksana, para dosen di UIN Raden Intan Lampung sampai peserta Festival Film Islami yang sangat menikmati keseruan acara ini.” Tuturnya.
Laporan: AP/DR
Editor    : Tasel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: