Penyebab Ketidak Percayaan Diri Oleh Reinaldy

Raden Intan- Jumat, (03/05/2019) Komunitas Ini Mentoring (IM) Menggelar seminar kepercayaan diri jilid 2 yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung pada pukul 14:00. Sebelumnya IM juga sempat menggelar seminar kepercayaan diri yang dilaksanakan pada tanggal 2 maret 2019 lalu.
Ini Mentoring sendiri merupakan sebuah komunitas wadah untuk saling memotivasi diri yang di ketuai oleh Muhammad Dwi Akbar bersama 5 rekannya Tedy Haryanto, Dita Fatmala, Raden Tri Buana, Adella Dannura dan Irgy Riskyadi Mahasiswa/i dari jurusan Ilmu Komunikasi UIN Raden Intan Lampung.
Seminar ini juga mendatangkan dua pemateri handal yaitu Reinaldy Aulia (Alumni PPAN Indonesia-Kanada) yang menyampaikan materi “Jurus Jitu Anti Minder” dan Fadlan Satria (CEO Just Speak, YSEALI. Alumni 2015, Hawai, USA) yang menyampaikan materi “Membentuk Mental Juara”.
“Alasan orang tidak percaya diri itu karena dia menipu dirinya sendiri. Contohnya Ah, besok mau berubah jadi lebih baik lah. Eh, besoknya tidak dilakuin. Artinya ia tidak percaya dengan dirinya sendiri, karena sering membohongi dirinya sendiri sehingga membuat kita tidak percaya diri” ungkap Reinaldy ketika menyampaikan materi. 
Menurut Reinaldy, solusi jurus jitu anti minder antara lain:
– Jangan mengatakan kecuali kita benar-benar berniat melaksanakannya.
– Luka batin masa lalu. Sehebat apapun kau kalau hati kita patah tidak akan ada apa-apanya.
– Membandingkan. Solusinya, jangan membandingan kemampuanmu dengan kemampuan orang lain, ketahuilah semua orang itu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
– The 10.000 hours rule. Kalau sukses butuh waktu, gagal juga butuh waktu.
– Self Insecurities. 
– The Fish. Contohnya seorang penulis handal apakah harus iri dengan pembicara handal? Tidak, karena dia punya kemampuannya sendiri. Masalahnya kita tidak tahu siapa kita, tidak tahu harus bagaimana sehingga kita iri kepada orang yang bukan fashion kita.
– Afraid of Failure. Kenapa kita suka tidak PD? Itu karena kita takut akan kegagalan. Orang yang sukses pasti akan melewati sebuah kegagalan. Karena kalau kita siap gagal, bearti kita siap menang. Tapi kalau kita siap menang, belum tentu kita siap gagal.
Seminar ini bertujuan untuk mengatasi dan membangkitkan kembali kepercayaan diri kita. Sementara itu, seminar ini dibuka untuk umum dan dihadiri sekitar kurang lebih 500 peserta.
Laporan  : Berita
Editor      : Tasel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: