Ketidakberpihakan Media Kepada Korban Pelecehan Seksual

Raden Intan – sabtu,(23-03-2019) Aliansi Jurnalis Independen (AJI)  menggelar kegiatan diskusi bersama dengan tema “Membedah Perspektif Media dalam Isu Kejahatan Seksual dan Peristiwa Bunuh Diri”.
Diskusi yang diadakan di sekretariat AJI Bandar Lampung, Jl. Agus Salim No.54, Tanjung Karang Pusat ini diikuti oleh para wartawan dari berbagai media, pers mahasiswa, dan umum. 
“Tujuan diadakannya diskusi ini agar output pemberitaan menimbulkan perdebatan yang sehat dan panduan-panduan dalam jurnalistik bisa di patuhi sehingga tidak ada lagi kesalahan dalam penyebutan identitas korban kejahatan seksual” Ujar Padli Ramdan selaku ketua AJI Bandar Lampung.

Mulianti selaku peserta  pers mahasiswa IAIN Metro mengatakan “Melalui diskusi yang diadakan oleh AJI ini, saya menjadi paham mengenai kasus-kasus kejahatan seksual,  peristiwa bunuh diri, dan mengetahui bagaimana cara untuk mencegahnya” Ujarnya.
Umi Laila perwakilan dari solidaritas perempuan juga mengungkapkan bahwa “Kekerasan seksual pada perempuan lebih luas terjadi pada masa sekarang, Dalam hal pemberitaan masih banyak media yang tidak berpihak pada korban, seharusnya korban mendapatkan pendampingan agar dirinya tidak merasa terancam bukan malah diintimidasi” ujarnya.
Laporan : Jurnal, record,delete, medol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: